Pages

Jumat, 25 Februari 2011

PERULANGAN (LOOP)

Perulangan (Loop) pada VB 6

Intro :
Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita melakukan suatu kegiatan yang dilakukan berulang-ulang. Misalnya, disaat kita melakukan pemilihan siaran (channel)  televisi. Kita akan terus melakukan pencarian sampai ditemukan siaran yang diinginkan, bahkan rutinitas keseharian kita pun merupakan sesuatu yang dilakukan berulang-ulang. Kegiatan kita yang dilakukan secara berulang-ulang pada saatnya tentu akan selesai/berhenti juga.  Misalnya dari contoh pemilihan siaran televisi diatas, pemilihan akan berhenti apabila ditemukan siaran yang diinginkan. Artinya suatu perulangan harus ada penentuan kondisi agar perulangan tersebut berhenti.
Demikian juga didalam program komputer, suatu perulangan digunakan untuk mengotomatisasi atau mengefektifkan satu atau beberapa pernyataan (statement). Perulangan didalam Pemrograman komputer dikenal dengan istilah Loop sedangkan Looping adalah prosesnya. Perhatikan kode program berikut ini :

Private Sub Form_Activate()
     Print 1
    Print 2
    Print 3
     Print 4
    Print 5                         
End Sub

Gb Form saat dijalankan Gb 1. Form Saat dijalankan
 

 


Private Sub Form_Activate()
For i = 1 To 5
    Print i
Next i
End Sub
Kode program yang kedua juga menghasilkan hasil yang sama seperti kode program yang pertama. Perbedaannya adalah kode program yang pertama tidak menggunakan fungsi perulangan (loop).

0 komentar:

Posting Komentar